TERUSLAH LESTARIKAN BUMI INI

Issu global yang satu ini tidak akan pernah ada habisnya untuk kita bicarakan. Semakin hari bumi ini sudah semakin memanas saja. Kerusakan iklim yang terjadi memang terus menjadi bahan pembicaraan global. Hanya saja untuk mewujudkan lingkungan hijau itu sendiri rupanya masih sulit untuk direalisasikan.

Seperti yang kita rasakan suhu udara sekitar kita akhir-akhir ini terus memanas dan berubah-ubah tanpa bisa diramalkan. Bisa jadi ini semua akibat suhu global yang terus berubah dan semakin rusak akibat berbagai macam polusi global. Seperti yang telah diramalkan oleh berbagai ahli bumi.

Es di kutub terus mencair setiap detiknya, yang mengakibatkan naiknya permukaan air. Seperti yang bisa kita lihat dibeberapa daerah yang dulunya tidak pernah mengalami banjir akhirnya terkena banjir. Belum lagi tempat-tepat lainnya yang mengalami bencana longsor akibat penggundulan hutan.

Di luar negeri sendiri mungkin masih jelas di ingatan kita berita bencana gempa di Haiti yang memakan banyak korban. Terakhir juga diberitakan di beberapa negara Asia maupun Australia mengalami badai topan yang dahsyat dan ada juga yang terkena hujan es selama beberapa jam.

Tentunya beberapa peristiwa ini sudah tidak wajar. Munculnya beberapa bencana dalam waktu dekat bisa jadi seperti teguran bagi kita untuk sesegera mungkin menjaga bumi kita ini. Bukan untuk bumi itu sendiri tetapi untuk kita sendiri. Kehancuran bumi bukanlah bencana bagi bumi kita, tetapi merupakan bencana bagi kita sendiri.

Jika kita secara individu tidak mulai berubah maka dunia ini juga tidak akan mau berubah bagi kita manusia. Mulailah hidup sehat dan segar, mulailah kurangi kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak bumi ini. Seperti membuang sampah sembarangan, menggunakan listrik berlebihan, dsb. Mulailah dari diri kita sendiri.

Leave a Reply