MENGELOLA KEUANGAN BERSAMA

Dalam menjalani kehidupan berumah tangga saat ini terlihat lebih rumit dibanding pada jaman dulu. Terutama dalam hal keuangan keluarga. Kalau pada jaman ayah ibu kita dulu sudah pasti jelas pihak pria / suamilah yang bertugas mencari nafkah yang tiap bulannya diberikan kepada istri.

Istri yang akhirnya mengelola keuangan keluarga tiap harinya. Tetapi keadaan itu berbeda jauh pada masa saat ini. Saat ini sudah jarang wanita yang hanya tinggal diam untuk menjaga dan merawat di rumah. Kebanyakan wanita masa kini pergi membantu bekerja di luar.

Peran wanita saat ini tidak hanya untuk membantu keluarga di dalam rumah saja. Tetapi juga semakin banyak wanita yang juga turut membantu dalam urusan keuangan keluarga. Sudah banyak wanita yang akhirnya terjun ke dunia kerja karena masalah keuangan keluarga. Ekonomi yang semakin menghimpit membuat wanita juga turut andil dalam membantu mencari nafkah keluarga.

Lalu bagaimana solusi terbaik dalam pengelolaan urusan keuangan tersebut? Beberapa teman kita yang telah berumah tangga juga ikut memberikan solusi untuk kita pembaca WarungCurhat. Yang terpenting adalah adanya rasa saling memiliki dalam keluarga. Dengan adanya rasa saling memiliki kita jadi ikut saling menjaga satu sama lain.

Misalkan saja bila terjadi masalah keuangan dalam keluarga kita jadi bisa saling mengisi dan membantu. Perlu juga ditanamkan pada diri kita bahwa keluarga menjadi tanggung jawab bersama, baik dari pihak suami maupun pihak istri. Diperlukan juga sikap saling terbuka, akan menjadi tidak seimbang bila kita tidak mencoba terbuka dengan pasangan, malah bisa jadi yang terjadi adalah saling curiga satu dengan lainnya.

Buatlah juga akses untuk menuju tabungan masing-masing, hal ini untuk menghindari rasa curiga dan cemburu pada pasangan kita. Buatlah juga daftar prioritas kebutuhan yang harus kita dahulukan dan mana yang bisa ditunda untuk nantinya.

Intinya adalah tidak adanya keegoisan dan rasa iri kepada masing-masing pihak, kehidupan rumah tangga tentunya adalah untuk menyatukan dua pribadi yang berbeda, oleh sebab itu dibutuhkan sikap saling memiliki dan mempercayai. Nah semoga artikel ini bermanfaat juga bagi teman-teman semuanya.

Leave a Reply