KREDIT, UNTUNG ATAU RUGI???

Berita menurunnya suku bunga bank di Indonesia membuat beberapa bank swasta dan negara berlomba-lomba memberikan aneka fasilitas khususnya dalam hal per’kredit’an. Mulai dari kartu kredit sampai KPR untuk rumah. Semua bank berlomba memberikan suku bunga terendah kepada nasabahnya.

Belum lagi beberapa tawaran seperti bebas premi tahunan, atau mendapat hadiah langsung saat melakukan transaksi tentunya membuat kita semakin tergiur untuk segera membuat dan memakai jasa kredit dari bank. Aneka fasilitas yang tiap bank tawarkan membuat kita sendiri susah untuk berpikir lebih hemat.

Lalu bagaimana bila kita sudah terlanjur memiliki bermacam-macam kartu kredit? Lalu bagaimana cara terbaik untuk mensiasati penggunaan kartu kredit? Sebelumnya akan WarungCurhat bagikan satu cerita dari teman kita mengenai masalah kartu kredit tersebut.

Teman kita juga salah satu ibu rumah tangga yang sangat tertarik dengan kartu kredit, kurang lebih sudah ada 5 brand kartu kredit yang telah ia pegang. Suatu ketika ia akan mengambil cicilan rumah yang telah diidamkannya dengan KPR dari bank. Hal yang terjadi adalah saat diadakannya BI cek aneka kartu kredit tersebut memberatkan teman kita ini untuk bisa lolos dalam pelunasan KPR.

Saat ia akan menutup beberapa kartu kredit yang jarang ia pakai pun cenderung sulit. Akibatnya ia harus menunda untuk membeli rumah idamannya tersebut sampai proses kartu kreditnya terselesaikan. Teman, cerita yang WarungCurhat bagikan di atas hanya bermaksud memberikan contoh bagi teman-teman, kartu kredit tidak hanya kita pertimbangkan manfaatnya saja, tetapi juga untuk berjaga-jaga kedepannya.

Ada beberapa masukan yang bisa kita berikan, yaitu dengan memanfaatkan kartu kredit yang telah kita pegang semaksimalnya. Contohnya saja, bisa kita gunakan untuk perputaran usaha. Misalnya penggunaan kartu kredit kita gunakan untuk membeli barang yang bisa disewakan seperti mobil. Angsuran setiap bulannya bisa kita tutupi dengan penghasilan dari persewaan mobil tersebut.

Bisa juga dengan menggunakan kartu kredit dengan nilai bunga terendah, bila kartu kredit kita saat ini memiliki nilai bunga yang tinggi bisa kita lakukan pengoperan kredit ke suku bunga yang lebih rendah. Hal ini akan jauh lebih menguntungkan kita. Selain itu kurangi penggunaan kartu kredit ketika kita pergi berbelanja di mal, bawalah uang cash agar kita tidak tergiur untuk membeli barang yang tidak perlu.

Nah, teman-teman bisa gunakan film confenssion of a shopaholic sebagai contoh akibat kelebihan berbelanja dengan kartu kredit, dan jadikan juga sebagai pelajaran berharga bagi kita, selamat mencoba.

Leave a Reply