HOME INDUSTRI LOKAL

Persaingan pasar bebas global terus bergulir maju semenjak dibuka pada awal tahun 2010 ini, dan terus menjadi pembicaraan panas di sejumlah negara. Ada negara yang merasa dirugikan dan tidak sedikit juga yang diuntungkan dengan adanya pasar bebas saat ini.

Dampaknya sendiri juga turut dirasakan negara kita Indonesia. Ada sektor ekonomi yang semakin berkembang, tetapi ada juga beberapa sektor industri yang meredup. Yang seharusnya perlu menjadi sorotan masyarakat dan negara kita saat ini adalah untuk mengembangkan sektor Home Industri lokal.

Ibarat suatu pohon tidak bisa berdiri dengan kokoh tanpa didukung oleh akar yang kuat. Seperti halnya dalam sektor ekonomi negara besar tidak akan bisa berdiri kokoh tanpa didukung oleh industri-industri kecil.

Banyak sekali sektor industri kecil yang belum sempat terjamah oleh pemerintah kita. Tetapi justru industri kecil ini yang telah berkembang dan meningkat. Contohnya seperti home industri tas dari bahan kulit sepatu bekas, biarpun hanya home industri kecil tetapi berhasil juga di import ke luar negeri.

Hanya saja masih terkendala jaringan dan bahan baku. Jika pemerintah bisa turut membantu dalam hal promosi dan sedikit dana saja, tentunya industri kecil tersebut bisa berkembang dan bisa menjadi salah satu ikon negara kita dan turut membanggakan negara kita. seperti sistem yang diterapkan oleh negara China. Mereka lebih mementingkan kemajuan industri dalam negeri dibandingkan industri besar dari pendatang.

Sehingga negara China bisa menjadi negara yang mandiri secara ekonomi. Sekarang ini daripada kita hanya memikirkan kasus-kasus dan gosip-gosip pemerintahan yang tak ada habisnya, bukankah lebih baik kita turut membantu mempromosikan produk-produk lokal disekitar kita.

Leave a Reply