BERSAING SECARA SEHAT

Era persaingan bebas saat ini membawa kita untuk bisa menciptakan suatu inovasi baru untuk bisa terus eksis di pasar ekonomi Indonesia dan dunia. Tetapi disamping itu juga ada hal lain yang perlu kita perhatikan, yaitu masalah kompetitor, karena yang saat ini berjuang untuk bisa memperbaiki kondisi ekonomi bukan hanya kita saja. Pasti juga ada yang namanya kompetitor dibalik setiap usaha.

Kompetitor adalah salah satu faktor pertimbangan kita sebelum melangkah lebih jauh dalam memulai suatu usaha. Kita juga perlu untuk menganalisa kelebihan dan kekurangan dari kompetitor kita. Perlu juga bagi kita untuk bersaing secara sehat dan sportif. Bukan dengan menjatuhkan kompetitor, tetapi dengan mempelajari setiap gerakan kompetitor kita.

Gunanya adalah supaya kita juga bisa selangkah lebih maju daripada kompetitor kita. Dengan begitu kita juga jadi bisa ikut belajar memperbaiki kekurangan dan kelemahan kita. Kita bisa menciptakan inovasi baru yang lebih baik daripada pesaing kita.

Yang terpenting adalah kita tidak berusaha menjelek-jelekan nama kompetitor di depan konsumen atau user kita. Halini justru akan berdampak positif bagi pesaing kita. Dengan menjatuhkan nama pesaing maka konsumen justru bis ajadi akan lebih bersimpati dengan kompetitor kita. Dan mereka akan lebih respek pada pesaing ketimbang kepada kita sendiri.

Bersainglah dengan menonjolkan kelebihan dan keunggulan perusahaan kita sendiri. Berikanlah apa yang pelanggan butuhkan, bukan berdasar apa yang menurut kita baik dan lain daripada lain. Tetapi berikan apa yang benar-benar pelanggan mau. Anggap saja jika kita menjadi seorang pembeli, hal apa yang kita butuhkan.

Persaingan yang lebih sehat akan membuat kita berusaha untuk lebih ”Go Ahead” dibanding pesaing kita. Seperti iklan salah satu perushaan rokok di Indonesia yang selalu ingin ”Go Ahead” tanpa menjegal lawan lainnya. Selamat berusaha ya teman-teman.

Leave a Reply