BAGAIMANA BERLAKU LEBIH ASERTIF

Asertif; ada beberapa diantara teman-teman yang mungkin susah mengartikan kata asertif. Banyak juga mungkin teman-teman yang saat ini merasa masih kurang bisa berlaku secara asertif. Sebelumnya kita akan bahas dulu apa itu asertif.

Asertif adalah bagaimana kita untuk berkata tidak, jangan, kepada diri sendiri atau kepada orang lain. Mungkin teman-teman sudah pernah juga menonton film ”yes man”. Cerita tentang seorang pria (Jim Carrey) yang tidak bisa mengatakan tidak. Jadi pekerjaan atau permintaan apa saja yang diberikan orang lain pasti akan selalu disanggupi oleh si tokoh utama.

Tentunya teman-teman juga tidak mau selamanya menjadi ”yes man”, ada beberapa masukan dari WarungCurhat yang bisa teman-teman coba untuk menjadi lebih asertif. Pertama buatlah suatu batasan untuk diri kita, belajarlah mengatakan tidak pada suatu permintaan atau tuntutan orang lain yang terlalu menekan kita.

Kenali juga rasa marah kita, terkadang kita tidak menyadari bahwa rasa marah kita berdasarkan perasaan sedih dan kecewa saja, tetapi kita pendam dihati saja, hal ini juga terpicu karena kita merasa tidak berdaya pada setiap tekanan orang lain, dengan mengenali amarah kita, kita bisa belajar mengontrolnya dan belajar berkata tidak pada orang lain.

Saat kita mulai ditekan oleh orang lain mulailah dengan mengatakan bahwa kita benar-benar tidak bisa melakukan tugas tersebut, katakan juga bila itu memang bukan menjadi tugas kita, kita bisa langsung menolaknya dengan cara yang lebih sopan. Tegur juga apabila orang tersebut sudah benar-benar keterlaluan. Jika memang kita tidak bersalah maka kita tidak perlu merasa takut untuk menegur.

Kurangi perasaan bersalah saat kita tidak bisa melakukan atau memenuhi permintaan orang lain. Tidak semua hal dan tugas adalah tanggung jawab kita pribadi. Justru dengan menjadi lebih asertif kita akan lebih dihargai dan dihormati oleh orang lain.

Teman-teman mulai saat ini kita bisa mulai berkata tidak kepada orang lain, dan berhenti menjadi seorang ”yes man”, percayalah bahwa kita bisa disukai orang lain bukan hanya karena kita memenuhi permintaan mereka. Tetapi karena kita layak untuk dihargai pribadi kita.

Leave a Reply