Hidup Adalah Pilihan

Teman-teman pernah dengar gak istilah You are the person you choose to be? Yang artinya gak lain adalah kalian menjadi seperti apa yang kalian pilih. Istilah ini sebenarnya punya maksud yang sangat simple dan memberi kesan ringan bagi kita yang membaca istilah tersebut.

Jadi apa yang kita maksud dengan apa yang kita pilih adalah pilihan itu sendiri. Maksudnya begini, pernah gak kalian berada dalam suatu kejadian dimana kalian diharuskan untuk memilih. Contohnya saat ada dua orang yang sedang menyatakan cintanya pada kita, kedua orang tersebut adalah orang-orang yang sama-sama cocok dengan kita, tetapi kita tidak bisa memilih kedua orang itu untuk kita jadikan kekasih.

Nah, pada saat-saat seperti itulah kita harus membuat suatu pilihan. Mungkin kita jadi mempertimbangkan hasil dari setiap pilihan kita, tetapi mau tidak mau kita juga harus bisa menerima hasil dari apapun yang kita pilih. Hal sepertui itulah yang kita maksudkan dengan istilah You are the person you choose to be.

Dalam hidup ini ada banyak sekali pilihan yang harus kita buat, entah dalam urusan pendidikan, keluarga, maupun dalam masyarakat, tetapi ironisnya banyak dari antara kita yang melemparkan kesalahan pilihan yang kita perbuat kepada orang lain. Kita kadang menjadi manusia yang tidak sadar bahwa pilihan kitalah yang menjadi penentu masa depan kita sendiri.

Saat kita memilih untuk mengikuti pergaulan yang tidak benar hal itu sebenarnya kesalahan dari pihak kita sendiri, tetapi karena kita tidak menyadarinya akhirnya kita menuduh bahwa lingkunganlah yang telah merusak kehidupan kita. Hari ini kita pengen mengajak teman-teman semuanya untuk bisa membuat pilihan yang tepat bagi kehidupan kita sendiri. Apapun pilihan yang kita buat harus kita sadari konsekuensinya sejak awal.

Jadi apapun yang kita pilih harus bisa kita terima akibatnya. Baik itu akibat dalam hal ynag buruk maupun akibat yang berbuah kebaikan bagi kita. Jika kita sudah bisa menerima istilah tersebut maka kita bisa benar-benar mensyukuri kehidupan kita yang sekarang, dan kita bisa mulai berhenti menyalahkan orang lain maupun Tuhan yang menyebabkan hidup kita seperti ini. Tuhan memberkati.

One thought on “Hidup Adalah Pilihan

  1. Sebagai manusia, pasti kita tidak luput dari dosa. Tapi, Tuhan memberikan hati nurani sebagai tolok ukur kita. Saat kita diingatkan oleh suara hati kita yang sejati, cepatlah berubah, selagi sempat. Jangan tunda lagi, karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi esok hari. Sehingga tidak pernah ada kata menyesal di kemudian hari.

Leave a Reply