Silent is Golden

Kalian pasti pernah mendengar istilah “Silent is Golden” atau dalam istilah Indonesia berarti “Diam itu Emas”. Menurut teman-teman sendiri bagaimana? Di era politik saat ini mungkin istilah ini sangat cocok diterapkan bagi para pejabat dan petinggi negara kita.

Belakangan ini semakin banyak para petinggi dan pejabat negara kita yang susah mengerti istilah ini karena semakin banyak mereka yang lebih suka berbicara daripada hanya diam mendengarkan. Diam yang dimaksudkan bukan diartikan sebagai diam tanpa bertindak atau diam bersantai, tetapi diam untuk memahami.

Belakangan ini banyak dari kita yang juga lebih suka banyak berbicara. Akhirnya kita tidak bisa benar-benar diam dan mendengarkan orang lain. Akibatnya banyak masalah yang ditimbulkan dari terlalu banyak berbicara. Contohnya saat kita salah dalam berbicara membuat kita akhirnya terjerumus dalam masalah.

Contoh nyatanya adalah gossip. Gossip bisa digolongkan sebagai salah satu penyebab masalah dalam kehidupan kita. Salah-salah jika kita tidak bisa mengontrol pembicaraan kita justru akan menjadi boomerang yang berbalik menyerang kita.

Sehingga diam adalah jalan terbaik untuk menghindari masalah. Saat masalah menimpa kita justru diam bisa menjadi jalan keluar terbaik untuk meredakannya. Diam bukan berarti mengalah, tetapi diam bisa jadi suatu sikap bijak untuk menghindari masalah, dan saat kita terdiam maka orang lain pun bisa semakin rasa hormat pada kita.

Bayangkan bila kita menjadi seseorang yang tidak bisa mengerem kata-kata. Akibatnya selain kita dijauhi teman-teman, kita juga akan di cap sebagai “si bodoh” yang hanya bisa bicara tanpa mendengar. Nah, teman-teman tentu tidak maukan sampai dianggap bodoh hanya karena terlalu bawel. Sikap “silent” itu memang bisa menghasilkan “emas” dalam kehidupan kita lho. Coba aja deh. ^_^

One thought on “Silent is Golden

  1. Saya rasa untuk hal ini, tepatnya kita harus berpikir dengan bijaksana sebelum mengeluarkan suatu statement, karena mulutmu adalah harimaumu itu benar benar berlaku saat sekarang ini. Kalau selalu diam terus, maka orang lain akan menilai kita itu tidak mau tau, masa bodoh, atau bodoh betulan. Good Luck 4 everybody

Leave a Reply