Shop ‘Til You Drop?

Pernah gak teman-teman, khususnya yang cewek, ngerasa kepingin banget setelah terima uang saku atau gajian buru-buru pengen kabur ke mall terdekat buat belanja? Apalagi akhir tahun ini banyak sekali tempat-tempat yang memeri diskon. Gak tanggung-tanggung diskon yang ditawarkan bahkan bisa sampai 80% lho. Tetapi pernah juga gak sepulang kita membeli barang-barang tersebut kita jadi merasa nyesel karena barang yang kita beli tidak sesuai apa yang kita butuhkan? Rasanya itu kasus umum yang sering dialami teman-teman kita khususnya yang cewek ya? Hehe… nah terus bagaimana nih cara kita mensiasati “kebobolan” keuangan yang bakal merugikan kita nantinya?

Nah warungcurhat akan memberi sedikit tips bagaimana cara kita unutk terus survive dalam menghadapi setiap cobaan dan godaan aneka barang diskon :).

Beberapa saran berikut ini bisa teman-teman coba terapkan, diantaranya :

  • Membuat anggaran belanja
    Jadi sebelum teman-teman berencana untuk mengunjungi suatu mall, terlebih dulu catat apa saja yang benar-benar kita butuhkan, lalu rinci juga berapa jumlah uang yang harus kita sediakan untuk sejumlah barang yang kita butuhkan. Jangan terlalu banyak membawa uang dan akan lebih baik lagi bila kita tidak membawa kartu kredit atau kartu debit kita. Untuk berjaga-jaga sediakan bebrapa rupiah untuk persiapan bila terjadi sesuatu, tetapi disarankan jumlah yang dibawa juga jangan terlalu banyak karena akan mengundang hasrat membeli barang yang tidak dibutuhkan.
  • Langsung menuju ke tempat kebutuhan
    Nah, setelah kita sampai ke mall sebaiknya kita tidak melakukan aktifitas “Tour the Mall”. Setelah sampai, langsung saja teman-teman pergi ke tempat yang ingin kita tuju. Misalnya kita mau membeli busana kerja, maka sebaiknya kita langsung begegas menuju ke tempat yang hanya menjual busana untuk kerja saja. Tegaskan juga pada diri kita untuk tidak melihat barang-barang di tempat lainnya.
  • Makan dulu sebelum pergi berbelanja
    Biasanya setelah kita belanja pasti kita akan langsung merasa lapar dan biasanya uang kita akan lebih banyak terkuras di food court atau tempat makan yang ada di mall. Jadi sebelum kita meluncur ke mall, lebih baik kita makan di rumah terlebih dulu. Ingatlah bahwa masakan di rumah jauh lebih sehat dan higienis dibanding dengan kita makan fast food di mall. Paling tidak kita hanya perlu membeli minum saja di mall biar lebih menghemat pengeluaran dan bisa jadi alas an untuk mengistirahatkan kaki, hanya saja perlu diingat untuk tidak melihat-lihat menu lain selain menu minuman.

Semoga saran dari kita di atas bisa membantu teman-teman sekalian. Bijak-bijaklah dalam mengelola pengeluaran kita. Jangan sampai kalap mata saat melihat aneka diskon yang ditawarkan aneka took. Good luck!

Leave a Reply