Sebuah Cinta Sejati

Teman-teman kali ini kita akan coba mengulas tentang cinta sejati. Coba sama-sama kita baca cerita berikut ini dan kita cerna makna dari cerita ini. Adalah kisah seorang anak dan ayahnya, alkisah ada seorang ayah dan anaknya yang bernama Bobby. Sang ayah setiap kali pulang dari bekerja pasti akan selalu melakukan rutinitas mencuci mobil kesayangannya. Setiap sore mobil itu selalu dibersihkan secara perlahan. Pertama kali sang ayah akan menyiram mobilnya dan membersihkan pasir dan debu dengan tangannya. Lalu setelah itu mobil akan disiram dengan shampoo mobil, dan dengan hati-hati juga ayah menggosok mobil itu dengan spon yang sangat lembut.

Bobby yang melihat hal itu kadang ikut membantu ayahnya saat mencuci mobil. Hingga suatu hari ketika sang ayah tidak bisa mengerjakan rutinitas itu karena kedatangan tamu pada suatu sore. Akhirnya Bobby berinisiatif untuk mencucikan mobil itu agar sang ayah merasa senang. Ia meminta ijin pada ayahnya, dan sang ayah merasa sangat senang dan bangga pada putranya. Bobby pun akhirnya melakukan kegiatan yang ayahnya lakukan. Dengan pelan ia menyiramkan air dan mengusap debu di mobil dengan tangannya. Lalu ia menyiramkan shampoo pada mobil.

Tapi pada saat akan menggosok mobil itu ia tidak menemukan spon yang biasanya ayahnya pakai. Tapi Bobby teringat pada satu spon yang biasa ibunya gunakan di dapur, yang tak lain adalah spon kawat yang biasa digunakan untuk menghilangkan kerak pada teko. Ia berpikir bahwa dengan spon itu benda hitam saja bisa menjadi putih, apalagi buat mobil. “Pasti akan jadi lebih bersih mobil ayah”, begitu pikir Bobby. Segera ia mengambil spon itu di dapur dan sambil bernyanyi ia menggosok mobil ayahnya dengan spon tersebut. Saat Bobby menyiram mobil dengan air, ia sangat terkejut karena mobil ayahnya berubah menjadi sangat buruk. Seluruh catnya mengelupas. Mobil itu menjadi sangat hancur.

Karena takut, Bobby segera berlari masuk dalam rumah, ia hanya berkata pada sang ayah, “ Yah, mobilnya.” Ayahnya merasa kebinggungan dengan tingkah putranya. Karena masih ada tamu ayah tidak terlalu memikirkan Bobby. Sampai sang tamu pulang Bobby berkata lagi pada ayahnya, “Yah, mobilnya.” Sang ayah merasa binggung dan segera melihat mobilnya. Saat melihat mobil itu sang ayah sangat terkejut karena didapati mobil itu sudah dalam keadaan rusak seluruh body nya.

Dalam keadaan marah sang ayah mendatangi Bobby dan menampar anaknya dengan keras. Setelah itu sang ayah langsung bergegas masuk ke dalam kamar. Ayahnya mulai merenung dan tidak habis pikir. Ia berdoa untuk menemukan jawabannya. Dan seketika itu juga sang ayah menyesali perbuatannya pada Bobby. Segera sang ayah pergi keluar dan mendapati Bobby jongkok di sudut ruangan sambil menangis dan ketakutan. Langsung saja sang ayah memeluk putranya Bobby dan meminta maaf pada Bobby.

Maksud dari cerita ini adalah akhirnya sang ayah sadar: siapa yang peduli dengan mobil yang rusak itu bila akhirnya sang ayah harus kehilangan cinta dan anaknya, Bobby. Bukankah tidak penting apa kesalahan Bobby. Yang terpenting adalah maksud baik Bobby yang dengan tulus ingin membantu dan membahagiakan ayahnya. Teman-teman hari ini kita belajar bahwa cinta yang benar-benar tulus adalah cinta yang bisa memaafkan dan menerima seseorang apa adanya, apapun yang telah ia lakukan.

One thought on “Sebuah Cinta Sejati

  1. KIsah yang sangat menyentuh dan perlu diteladani bagi para pria, khususnya yang sudah atau segera menjadi ayah, karena menjadi orang tua yang baik itu tidaklah mudah. Butuh teori, praktek, pengalaman, dan tanggung jawab yang besar.

Leave a Reply