Seberapa Lama Kita Bisa Hidup Tanpa Pemasukan

Teman-teman pernah gak kalian menghitung kekayaan pribadi yang kalian miliki? Ada gak pikiran untuk berjaga-jaga pada setiap kondisi yang akan menimpa kalian? Coba deh rumus perhitungan dari warungcurhat berikut ini. Sekarang bayangkan saja hari ketika kita harus berhenti bekerja dan tidak mendapatkan pemasukan sama sekali. Setelah itu hitung jumlah pengeluaran kita untuk bertahan hidup setiap bulannya. Lalu jumlahkan semua pengeluaran kita. Hasil yang kalian dapat adalah pegangan kalian untuk bertahan hidup setiap bulannya. Pengeluaran yang dimaksudkan adalah pengeluaran kebutuhan kalian seperti biasanya. Entah itu untuk keperluan asuransi maupun biaya untuk berolah raga.

Nah, setelah itu, coba teman-teman cek lagi dan tulis pada selembar kertas yang lain berapa jumlah asset yang kita miliki. Mulai dari pendapatan bulanan kita, mobil, rumah, alat-alat elektronik, dan lainnya. Pokoknya semua barang-barang pribadi atas nama kita yang menurut kita bisa kita rupiahkan nantinya. Setelah itu list juga nilai dari masing-masing barang kita menurut kurs mata uang yang berlaku. Totalkan jumlah uang yang bisa kita dapatkan dari asset tersebut. Terakhir, bagilah jumlah asset kita dengan pengeluaran bulanan kita. Hasil yang didapat adalah total berapa tahun kita bisa bertahan hidup. Jadi rumusannya begini,

Total jumlah asset : Total jumlah pengeluaran bulanan kita = Berapa Tahun kita bisa bertahan hidup

Bagaimana perhitungan dari teman-teman? Jadi seberapa lamakah kita bisa bertahan hidup dengan sejumlah asset yang kita miliki? Yang kita maksudkan bertahan hidup tanpa harus melakukan pengiritan lho. Kalau jumlahnya di bawah 1 tahun berarti teman-teman memiliki masalah pemasukan yang cukup gawat lho. Jadi mulai saat ini kita sudah perlu berjaga-jaga secara financial.

Apalagi kita juga tidak bisa tahu kebutuhan mendadak apa yang nantinya akan kita hadapi. Terus bagaimana tindakan yang harus kita lakukan saat ini? Simple-nya mumpung kita masih punya waktu dan tenaga lebih, kenapa tidak kita coba untuk mencari pemasukkan tambahan. Bagi teman-teman yang bekerja dan terikat waktu gak perlu putus asa kok. Kita kan masih bisa mencari pekerjaan freelance yang tidak mengikat kita secara waktu.

Ada banyak lho pekerjaan freelance jaman sekarang ini. Selain itu juga yang harus kita miliki adalah investasi atau tabungan seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, Mau Invest?. Beberapa investasi yang mudah juga bisa kita ambil sebagai jaminan masa depan kita. Alokasikan dana bulanan kita untuk tabungan investasi kita nantinya. Bagaimana menurut teman-teman? Jaman sekarang ini sudah saatnya kita berjaga-jaga untuk hari depan kan? Setuju?

Leave a Reply