Penghematan Energi

Teman-teman pasti sudah banyak yang tahu bahwa Indonesia dinobatkan sebagai negara polutan peringkat ke 3 seluruh dunia. Nah lho, termasuk prestasi atau aib ya? Hehe… yang pasti bisa dibilang termasuk aib dong, soalnya polusi itu kan musuh seluruh dunia, tetapi Indonesia malah menduduki peringkat ke-3 kategori negara polutan.

Kita pasti malu juga dong. Polusi itu bisa dibilang sudah jadi salah satu lifestyle di kota besar, padahal polusi kan bahaya bagi kesehatan dan bagi bumi kita sendiri. Kenapa dibilang lifestyle? Soalnya kebanyakan penyumbang polusi itu kan para pemilik mobil pribadi, dan yang gak tanggung-tanggung di kota besar satu orang bisa nyumbangin 2 jenis “parfum” ke bumi. Maklum saja di kota besar satu orang bisa memiliki kendaraan pribadi lebih dari satu.

Tetapi saat ini sepertinya pemerintah sudah mulai berusaha memperbaiki system polutan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan reduksi energi. System ini akan segera diberlakukan untuk segala jenis energi. Mulai dari energi bumi seperti minyak dan gas sampai energi listrik. Dibahas juga dalam sebuah tayangan berita bahwa pembangunan mall-mall di kota besar banyak menyedot sumber energi listrik berlebih.

Oleh sebab itu pemerintah bekerja sama dengan pihak luar untuk system reduksi ini. Kita masih belum tahu apa langkah selanjutnya yang akan pemerintah lakukan. Yang bisa teman-teman lakukan saat ini adalah mengurangi pemborosan energi. Seperti yang pernah kita bahas, mulai mencabut charger hp yang tidak terpakai adalah langkah awal untuk menghemat beberapa volt energi listrik. Mulailah juga untuk memakai hanya bahan-bahan organic untuk kebutuhan kita. Kurangi pemakaian tissue dan plastik secara berlebih.

Selain kita bisa lebih mengirit pengeluaran, kita juga secara langsung turut membantu pengurangan polusi bumi. Hal mudah ini tentu bisa semua teman-teman lakukan karena kelangsungan hidup manusia juga tergantung pada diri kita secara pribadi. Kata lainnya kita juga bisa menjadi superman yang melindungi kelangsungan hidup manusia.

Gak kebayang kan bagaimana kalau bumi ini hancur, kita sebagai “superman” secara pribadi tentu ingin bisa turut menyelamatkan dunia. Jadi kenapa tidak kita mulai dari hari ini? Tetapkan misi kita untuk menyelamatkan dunia. Seperti yang kita bahas di atas, mulailah mencabut aliran listrik yang tidak terpakai, mulai dari charger hp, sampai komputer yang masih menyala saat kita tidak memakainya. Lindungi bumi ini ya. ^_-

Leave a Reply