Mau Invest?

Menurut perencana keuangan Mike Rini Sutikno, penulis buku Fund PlanningFund Planning, ada beberapa jenis investasi yang bias kita pilih untuk masa depan kita, diantaranya :

Saham

Saham termasuk ke dalam investasi jangka panjang, memilih jenis saham yang akan dibeli juga tergantung selera karena saham digolongkan berdasar jenis industrinya, seperti pertambangan, perminyakan, consumer goods, dsb. Pemilihan terbaik adalah saham jenis consumer goods karena lebih stabil. Tetapi jika kita masih terbilang pemula akan lebih baik bila kita membeli saham yang masuk kategori LQ 45 (45 saham unggulan) atau bisa juga dengan indeks kompas 100 (100 saham unggulan).

Reksa Dan (RD)

RD Pasar Uang (RD PU)

Disarankan untuk invest jangka pendek (di bawah 1 tahun)/menengah (di bawah 5 tahun) karena dana kelolaan dialokasikan pada instrument keuangan yang terlalu beresiko tinggi. Target return 8%-10%/tahun. Komposisi alokasi dana kelolaan biasa seperti berikut :

  • 70% pada tabungan, deposito, SUN, ORI, obligasi pemerintah & swasta (di bawah 1 tahun).
  • 30% pada obligasi swasta, saham¬†blue chip.

RD Pendapatan Tetap (RD PT)

Disarankan untuk jangka waktu pendek/menengah (di bawah 1 tahun/di bawah 5 tahun), karena dana kelolaan dialokasikan pada instrument keuangan yang tidak terlalu beresiko tinggi. Target return 12%. Alokasi dana :

  • 70% pada obligasi pemeritah & swasta (3-5 tahun)
  • 30% pada saham.

RD Saham

Merupakan investasi jangka panjang (di atas 5 tahun). Target return 25%-30% tetapi kenyataan di lapangan bisa return lebih dari itu. Alokasi dana:

  • 70% pada saham
  • 30% pada tabungan, deposito, SUN, produk-produk Bank Indonesia.

Emas

Emas memeiliki karakteristik sebagai salah satu komoditas, pada umumnya harga emas dipengaruhi oleh isu politik, perang, inflasi, atau harga minyak dunia. Saat terjadi kekacauan harga emas akan melonjak naik dengan asumsi orang tidak akan peracaya lagi dengan mata uang mereka. Untuk memilih emas sebaiknya beli dalam bentuk koin atau batangan keluaran P.T. Antam. Emas adalam bentuk perhiasan beresiko rusak saat dipakai sehingga mempengaruhi harga jual nantinya. Hal yang harus diperhatikan adalah, tempat untuk penyimpanan emas dan kenaikan harga emas yang hanya sesuai dengan inflasi, sehingga tidak bisa dibilang agresif.

Asuransi Campuran

Pada dasarnya pembelian asuransi adalah untuk memberi proteksi. Namun saat ini juga telah beredar di pasaran asuransi dengan produk investasi. Sehingga saat kita bisa memanfaatkan dua fungsi sekaligus, hanya saja menurut Mike dana yang dialokasikan untuk tabungan dan investasi imbal hasilnya tidak berbeda dari tabungan deposito. Biasanya lebih rendah dari BI rate karena terpotong untuk biaya administrasi. Akan lebih baik bila selain kita membeli asuransi investasi kita juga menambahkan dengan membeli asuransi untuk proteksi.

One thought on “Mau Invest?

Leave a Reply