Trend Fashion Tanah Air

Source: Jakarta Globe

Source: Jakarta Globe

Semenjak disahkannya batik sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia membuat hampir semua masyarakat Indonesia mengalami demam fashion budaya. Produk tanah air saat ini banyak dicari dan digemari semua orang. Tidak sedikit juga para perancang mode yang turut menciptakan aneka fashion berdasarkan produk asli tanah air.

Sebenarnya kalau kita mau menggali lagi kesenian tanah air kita pasti ada banyak yang bisa kita tingkatkan lagi nilai gunanya secara maksimal. Selain batik ternyata kain songket dari beberapa daerah juga manis untuk kita jadikan fashion sehari-hari kita. Mulai dari busana kantor sampai busana santai untuk jalan-jalan. Kain songket sendiri akan diikutsertakan dalam ajang peragaan busana di Paris tahun ini.

Lihat saja beberapa contoh kain dari beragam daerah di Indonesia di beberapa butik dekat kita, yang ternyata bisa diubah menjadi trend fashion yang anggun dan memukau. Kita patut mendukung dan berbangga pada kesenian dan kekayaan budaya kita. Kita selama ini tidak sadar telah menyimpan kekayaan yang beragam dan bernilai sangat tinggi.

Untuk saat ini beragam jenis batik dan kain songket menjadi incaran fashion terbaru di tanah air. Selain pemakaiannya yang anggun ternyata kain-kain tersebut bisa disulap menjadi busana santai yang nyaman dan adem. Selain bisa kita buat untuk bergaya ternyata dengan menggunakan busana tersebut kita bisa memancarkan kecantikan alami kita sebagai wanita maupun kemaskulinan pria.

Sudah saatnya kita beralih fashion dari import minded beralih ke local minded ;p. karena dengan memakai produk-produk local kita bisa turut membantu pemulihan ekonomi negara kita juga. Selain itu juga membuat kita memiliki citra tersendiri khas bangsa kita. Jangan hanya negara lain saja yang kita ikuti trend nya, tetapi trend di tanah air kita juga perlu untuk kita cintai juga.

Jadi kenapa tidak mulai saat ini kita menjadikan batik, songket, dan kesenian lainnya untuk kita masukkan dalam daftar belanja kita. Setidaknya kebutuhan tersier saat ini bisa kita switch menjadi kebutuhan akan fashion tanah air asli dari bangsa kita Indonesia. ^_^

Leave a Reply