Tips Penyelamatan Saat Gempa

Korban Gempa BumiSerem banget kalau kita melihat tayangan berita akhir-akhir ini teman-teman. Terjadi gempa di sejumlah daerah di Indonesia. Memprihatinkan juga sebenarnya kalau kita mengikuti setiap perkembangan berita pasca gempa di televisi maupun koran. Dinyatakan bahwa Indonesia rawan gempa terbesar di dunia, dibandingkan Jepang ternyata Indonesia menjadi Negara dengan potensi gempa dan tsunami terbesar di dunia saat ini.

Hal tersebut terjadi karena Indonesia merupakan Negara yang memiliki titik gempa terbanyak, sekitar kurang lebih 129 daerah dinyatakan rawan gempa. Diantaranya meliputi daerah selatan Indonesia, dari Pulau Sabah sampai Nusa Tenggara Timur, naik ke Pulau Papua. Selanjutnya, masuk ke utara Indonesia sampai masuk ke gugusan Filipina.

Terus gimana kalau kita tinggal di antara daerah tersebut? Jika nantinya terjadi gempa di daerah kita hal-hal yang sebaiknya dilakukan adalah melindungi tubuh kita, carilah benda di sekitar kita yang bisa kita pakai untuk menutupi tubuh dari reruntuhan benda keras. Terutama lindungi dulu anak-anak kecil, panggil setiap anggota keluarga atau teman kita, dan pastikan mereka dalam kondisi baik.

Pastikan kondisi jalan keluar yang ada karena saat terjadi gempa kita pasti mengalami serangan kepanikan, jadi usahakan untuk tenang dan mencoba membuka pintu maupun jendela yang ada di dekat kita. Kalaupun terjadi kemacetan coba cari benda untuk mendobrak atau memecahkan kaca jendela di dekat kita. Jika terjadi tsunami di daerah kita, berlarilah menuju ke arah dataran yang lebih tinggi sejauh mungkin, karena kita tidak bisa memprediksi ketinggian air.

Sekecil apapun guncangan yang kita rasakan langsunglah berlari menjauhi daerah gempa atau tsunami karena kita tidak bisa memprediksikan seberapa besar kekuatan gempa yang ada. Tidak usah terlalu memikirkan harta benda kita. Yang penting keselamatan keluarga dan teman-teman kita. Bila saat terjadi gempa kita sedang berada di luar rumah, gunakan tas atau benda yang ada di tangan kita sebagai pelindung kepala dan jangan terlalu panik.

Berlarilah menuju luar gedung. Jauh dari benda-benda keras yang bisa runtuh. Ikuti juga panduan petugas bila kita sedang bekerja di kantor-kantor. Jangan pernah menggunakan lift jika terjadi gempa, gunakanlah tangga darurat. Semoga sedikit tips ini bisa berguna bagi teman-teman. Tetaplah hati-hati dan waspada pada gempa. Jangan terlalu lengah selalu bawa benda yang dapat melindungi kita.

Leave a Reply