Pertanyaan Kokology

Kokology - The Game of Self-DiscoveryTeman-teman mungkin banyak yang sudah tahu tentang ilmu psikologi, lalu bagaimana dengan ilmu Kokology? Jarang ada yang mendengar tentang kokology. Di sini kita mau berbagi sedikit tentang buku yang menarik yaitu tentang kokology game praktis untuk menggali potensi terpendam kita. Buku ini merupakan karangan Tadahiko Nagao dan Isamu Saito. Dijelaskan bahwa buku ini telah popular di Jepang dan Amerika.

Berikut kita coba beberapa permainan yang ada dan permainan ini seru kok ;p, dan jangan lupa ambil selembar kertas untuk menulis jawaban kamu.

Kiriman Pos Masa Depan

Suatu ketika saat kita bersantai di rumah, tiba-tiba kita tersadar dari lamunan kita oleh bel pintu. Ketika membukanya kita disambut oleh kejutan yang luar biasa. Sepasang binatang membawa pesan masa depan kamu. Setelah kamu membukanya ternyata surat itu adalah ramalan. Salah satu binatang membawa ramalan bahagia dan yang satunya membawa ramalan tentang malapetaka.

Manakah binatang di bawah ini yang membawa kabar bahagia dan mana yang membawa kabar buruk, pilihlah binatang yang berbeda untuk masing-masing pertanyaan.

  1. Harimau
  2. Anjing
  3. Domba
  4. Burung beo
  5. Kura-kura

Kamar Yang Perlu Perbaikan

Kamu baru saja melihat sebuah model rumah dari agen property dan sekarang kamu sedang binggung ingin membelinya atau tidak. Kamu sedang gak terburu-buru untuk melihat-lihat lagi rumah tersebut. Ada satu bagian rumah lagi yang sangat ingin kamu lihat lebih lama sebelum membuat keputusan akhir.

Bagian mana yang mau kamu periksa lagi?

  1. Kamar mandi
  2. Kamar tidur
  3. Ruang makan/dapur
  4. Teras/taman

Setelah kalian menjawabnya dan menuliskannya di kertas barulah kalian boleh melihat jawabannya, dan kalian harus jujur pada diri kalian sendiri ya.

Kiriman Pos Masa Depan

Bagi kebanyakan orang masa depan sangat dipengaruhi oleh pilihan terhadap pasangan hidup. Dalam cerita ini binatang yang membawa penbawa pesan kebahagiaan mewakili tipe orang yang dianggap pasangan ideal. Sedangkan binatang pembawa pesan buruk adalah tipe orang yang dikawatirkan akan menarik kamu dalam kesulitan.

  1. Harimau
    • Hal yang menyenangkan: Kamu senang dengan pasangan yang ambisius dan kuat, memiliki kegigihan tekad untuk menguasai
    • Hal yang buruk: Kamu takut mendapat pasangan kejam yang berjalan sombong seperti raja hutan dan mengeram jika diminta untuk saling bekerjasama mengurus rumah tangga.
  2. Anjing
    • Hal menyenangkan: Kesetiaan dan pengabdian adalah hal yang kamu impikan dari pasangan kamu kelak.
    • Hal buruk: Kamu sama sekali tidak cocok dengan mereka yang berusaha menyenangkan orang lain dan resah dengan apa yang mungkin dipikirkan orang lain.
  3. Domba
    • Hal menyenangkan: Kunci kepuasan kamu adalah pasangan yang penuh kehangatan.
    • Hal buruk: Kamu takut berakhir dengan pasangan yang membosankan dan menghabisakan waktu setiap hari dengan orang yang sama.
  4. Burung beo
    • Hal menyenangkan: Kamu suka pasangan yang suka berbicara dans elalu membuat kamu tertawa.
    • Hal buruk: Tidak ada yang paling buruk bagi kamu selain pasangan yang malas dan tidak suka bekerja.
  5. Kura-kura
    • Hal menyenangkan: Pasangan sempurna kamu adalah mereka yang memiliki sifat serius dan dapat diandalkan, dan selalu ada saat diperlukan.
    • Hal buruk: Mimpi terburukmu adalah menghabiskan hidup dengan pasangan yang lambat dan kurang pandai.

Kamar Yang Perlu Perbaikan

Secara psikologi rumah menggambarkan tubuh. Pencarian rumah baru merupakan perbaikan fisik tubuh kamu sendiri.

  1. Kamar mandi
    Kamar mandi merupakan tempat tubuh dibersihkan dan mewakili dorongan kearah pembaharuan. Kamu memilih kamara mandi sebagai sumber ketidakpuasan secara intuisi hal tersebut berarti komitmen memperbaiki diri tidak cukup kuat.
  2. Kamar tidur
    Kamar tidur berhubungan dengan relaksasi fisik dan kenyamanan. Kamu yang ingin melihat tempat tidur lagi sebenarnya berkeinginan untuk melepas sepatu dan berbaring di tempat tidur. Masalah kamu bukan diet atau latihan fisik, tetapi semua kegiatan yang terlibat di dalamnya.
  3. Ruang makan/dapur
    Ruangan ini berhubungan dengan keinginan pada makanan. Kita bisa menjaga diri bila kita mau makan.
  4. Teras/taman
    Teras berhubungan dengan relaksasi dan kesegaran jiwa, tempat untuk bersantai. Jika kita ingin melihat taman lebih banyak kemungkinan besar kamu sedang stress atau tertekan. Stress membuat kita enggan untuk melakukan segala hal. Langkah pertama perbaikan tubuh adalah dengan menghilangkan beban pikiran kita.

Nah, bagaimana dengan jawaban kalian? Bagi yang masih ingin tahu lebih banyak bisa membaca beberapa jilid buku “Kokology” terbitan Delapratasa.

One thought on “Pertanyaan Kokology

Leave a Reply