Hikmat Kung Fu Panda

Teruslah kejar impianmu. Berapa banyak dari kita yang akhirnya menyerah, gagal mencapai impian karena terhalang oleh pikiran negatif atau bayangan jelek dari diri kita sendiri?

Dalam film ini ada kura-kura bijak Master Oughway (memberikan petuah bijak) ini berujar:

Yesterday is a history,   kemarin adalah masa lalu,

tomorrow is a mistery,  besok adalah misteri,

but today is a gift.  tapi hari ini adalah anugerah (hadiah). “

Akibat reaksi dari: Ketakutan kegagalan masa lalu ketakutan menghadapi masa depan, membuat kita dibutakan dari harapan, untuk menghadapi masa depan.

Kung Fu PandaBetul nggak ?  Biar tidak menyia-nyiakan hidup yang masih dianugerahkan Tuhan. Arti gampangnya neeh, kalau kita masih diberi hari baru lagi, berarti masih ada tugas yang harus kita kerjakan dan itu berharga lho. Tiap individu belajar dengan cara dan motivasinya sendiri. Pho, si panda berhasil menemukan kelebihan dirinya justru dari kelemahannya.

  • Tubuh panda yang gemuk memberikan konstribusi positif banyak energi dahsyat untuk melawan musuh.
  • Hobi makan tabu bagi para pendekar justru dijadikan cara untuk menguasai ilmunya.

Shi Fu akhirnya menemukan bahwa Po baru termotivasi dan bisa  mengeluarkan semua kemampuannya, bila terkait dengan makanan. Pho tidak bisa menjalani latihan seperti 5 murid jagoannya yang lain. Demikian juga dengan setiap individu atau orang. setiap orang punya gaya belajar yang unik. Hal yang menjadi motivasi tiap orang juga berbeda-beda. Bahkan jika kita memaksakan keseragaman proses belajar, bisa dipastikan akan ada orang-orang yang dirugikan.

The secret to be special is you have to believe, You are a very special person

Pho, si panda hampir putus asa karena tidak mampu memecahkan rahasia Kitab Naga, yang hanya berupa lembaran kosong. Wejangan dari ayah yang akhirnya membuatnya kembali bersemangat dan memandang positif dirinya sendiri. Kalau kita berpikir diri kita adalah spesial, unik, berharga, maka kita pun akan punya daya dorong untuk melakukan hal-hal yang spesial.

Seperti kata Master. Oogway, You just need to believe!

Leave a Reply