Berpikir Logis

Coba kalian jawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Lebih berat mana: satu kilogram kapas atau satu kilogram besi?
  2. Apa yang ada dua kali dalam “a week” dan satu kali dalam “a year”, tetapi tidak ada dalam “a day”?
  3. Mengapa jeruk sangat pintar?

Kita akan bahas jawabannya di akhir artikel ini ya ;p

Albert Einstein

Yang mau kita bahas sekarang adalah tentang berpikir secara logis. Kita sebagai manusia biasa yang gak sepinter otak Einstein tentunya kadang masih susah untuk mengontrol pikiran kita. Bahkan Einstein sendiri juga gak semudah itu untuk bisa berpikir secara logis kok. Sebenernya semua pikiran kita bisa pelan-pelan kita latih supaya jadi lebih logis.

Ada salah satu teman yang bisa dibilang super cuek tetapi ia selalu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari teman-temannya. Setiap kali ada teman-temannya yang mengeluarkan berbagai macam pernyataan terlihat tidak disimak olehnya, tetapi setiap pernyataan atau pertanyaan lalu sukses dijawabnya. Hal ini tentu membuat orang penasaran, padahal dia ini bukan orang yang pernah mengenyam bangku kuliah lho. Tetapi setiap kata-katanya selalu bikin orang takjub.

Ada suatu kesempatan akhirnya ia membuka sedikit rahasia kesuksesannya berkomunikasi dengan lihainya. Dia cuma bilang kuncinya cuma satu, yaitu mau mendengarkan, mungkin sepertinya ia terlihat tidak melihat saat teman-teman berbicara, tapi ternyata ia selalu mendengar apa yang teman-temannya bicarakan. Banyak diantara kita yang sepertinya menyimak apa yang orang lain bicarakan, tetapi kita tidak pernah benar-benar mendengar apa yang mereka bicarakan. Akibatnya kita jadi susah untuk konsentrasi dan berpikir secara logis.

Jadi jawaban untuk bisa berpikir logis yaitu dengan benar-benar menjadi “penyimak” dalam arti yang sesungguhnya. Cuma butuh konsentrasi saja kok untuk bisa jadi orang yang lebih logis. Memang kesannya susah, tetapi semua itu cuma butuh beberapa kali latihan untuk mau benar-benar mendengarkan. Kita mendengarkan dalam beberapa hal. Seperti mendengarkan kebutuhan orang lain. Jika kita berusaha benar-benar memahami orang lain tentu lambat laun kita bisa jadi manusia super logis kayak Einstein, hehe…

Sekarang coba kalian pikirin lagi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas tadi. Secara logis lho ya sekarang, hehe…

  1. Sama-sama beratnya, karena sama-sama satu kilo.
  2. Huruf ‘e’
  3. Jeruk pintar karena berkonsentrasi

Gimana banyak logisnya gak jawaban teman-teman? Kalau belum ya gak apa-apa juga kok, namanya juga belajar, hehe… selamat berlatih.

Leave a Reply