10 Makanan Rahasia Awet Muda

Ada 10 jenis makanan yang mengandung antioksidan yang berguna untuk  menjaga keawetan tubuh kita menurut majalah Cosmopolitan.

Acai Berry

Acai berry menurut Dr. Nicholas Perricone, MD, FACN, seorang research Dermatologist dan CEO NV Perricone, mengatakan bahwa buah ini banyak mengandung antioksidan sepuluh kali lebih banyak daripada anggur merah, serta memiliki asam amino esensial, dan lemak tak jenuh. Buah ini juga mengandung vitamin dan mineral. Sangat cocok dijadikan salah satu menu untuk menunjang program diet kita karena buah ini dapat memperlancar pencernaan.

Alpukat

Dalam buah ini terdapat vitamin E yang berguna untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit kita. Mengandung zat Potasium yang berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi. Alpukat dipercaya juga dapat memperlambat menopause pada wanita.

Sayuran Hijau

Sayuran jenis kol, lobak, brokoli, buah bit, sangat bagus untuk mencegah kanker dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Dianjurkan sebaiknya mengkonsumsi 115 gram sayur setiap harinya. Lebih bagus bila dimakan mentah, tetapi sayuran juga harus dicuci dulu sampai bersih pada air yang mengalir.

Bawang Putih

Satu suing bawang putih yang kita makan dapat membantu tubuh untuk melawan sel kanker dan sakit jantung. Sebuah penelitian di Tasgore Medical College, India menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

Kacang-Kacangan

Sebagian besar kelas kacang-kacangan mengandung mineral, terutama kenari dan kacang Brazil. Unsur Potasium, magnesium, zat besi yang terdapat dalam akcang sangat bagus untuk menunjang program diet kita. Selain itu kacang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, sistem kekebalan tubuh, dan mencegah kanker, tapi jenis kacang yang sudah rusak atau tengik bisa menjadi radikal bebas dalam tubuh.

Semangka

Daging dan biji semangka mengandung banyak nutrisi. Daging semangka mengandung Vitamin A, B, dan C, sedang bijinya mengandung Zinc, selenium, lemak esensial, dan Vitamin E yang bagus untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai sangat bagus untuk membantu menjaga keseimbanagn hormon estrogen pada wanita. Yang berakibat dapat menunda menopause. Selain itu kacang kedelai juga bisa membantu mencegah alzheimer dan osteoporosis.

Biji-Bijian

Selain sebagai sumber protein biji-bijian mengandung antioksidan yang lebih tinggi disbanding makanan lainnya. Sangat cocok dikonsum mereka yang sedang menjalani diet karena ia mengandung kalori yang membuat kenyang.

Wholemeal Pasta

Wholemeal pasta mengandung banyak karbohidrat yang bagus untuk memberi tubuh banyak masukan energi. Selain itu terdapat kandungan zat besi dalam wholemeal pasta yang lebih banyak ketimbang pasta biasa. Brown Rice adalah salah satu rekomendasi untuk menambah serat dan Vitamin B.

Jahe

Ternyata kandungan dalam jahe dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan baik bagi pencernaan. Jahe juga dapat meringankan penderita rematik dan saat wanita mengalami sindrom premenstruasi.

Leave a Reply