Rumus Puasa

Sobat n sobat, ceweq n cowoq, ada artikel yang aku ambil dari salah satu majalah remaja tentang “Rumus yang (enggak bikin) batal puasa“. Kan namanya juga mau ngejar pahala, jadi apa aja yang bisa ngebatalin puasa harus kita jauhi kan….Eh tapi ini termasuk kamus yang wajib kita hafal selama puasa. Menurut Ustadz Rully Firmansyah yang sering mengisi ceramah buat remaja di sekolah-sekolah, ini hal yang bisa dan tidak bisa kita lakukan saat sedang berpuasa, singkat aja ya ni ya, ada

12 hal yang enggak bakal ngebatalin puasa kita

Jangan lupa baca keterangannya biar lebih jelas :

Nangis

Enggak bikin batal puasa. Kecuali pas kita nangis, airmata turun ke mulut, terus tertelan. He he he, itu baru ngebatalin puasa. Kalau kita nangis sampai lemas dan membutuhkan asupan makanan, misal ada keluarga yang meninggal, lebih baik batalkan saja

Menelan ludah

Akan batal kalau kita kumpulkan air ludah, terus ditelan. Nah, itu baru batal, Karena niatnya sengaja menelan air. Tapi enggak akan batal kalau kita sedang nuggu angkot siang-siang, eh , angkotnya penuh. Tanpa sengaja, kan, kita suka menelan ludah. Kalau itu, sih, enggak bikin kita batal puasa.

Sikat gigi sebelum buka puasa

Menggosok gigi ketika puasa bisa dikatakan makruh. Artinya kalau kita kerjakan, ya, enggak, apa-apa. Tapi akan lebih baik kalau ditinggalkan.

Mengupil atau mengorek kuping

Yang ini juga enggak bikin batal karena mengupil atau mengorek kuping enggak punya efek apa-apa sama puasa kita. Apalagi kalau pagi-pagi tellinga kita gatal, sehingga mengganggu aktivitas kita seharian. Daripada telinga gatal, melakukan apa-apa jadi enggak konsentrasi, ya, korek saja.

Berdarah terkena luka

Kalau, berdarah, tapi enggak parah lukanya, dan tidak membuat kita kehilangan tenaga, ya, berikan saja sedikit obat merah. Kecuali kalau luka tersebut bikin kita sakit dan memar-memar, lebih baik batalkan saja puasanya.

Berenang

Enggak akan membatalkan puasa selama kita enggak mnyelam sambil minum air. He he he. Cuma memang berenang itu, kan, dekat-dekat sama air. Jadi sebaiknya dihindari daripada enggak sengaja tertelan.

Marah

Puasa kita enggak akan batal, tapi yang batal adalah pahala puasa. Misal, sepuluh hari pertama puasa kita lancar-lancar saja. Suatu hari, tanpa sengaja kita marah sama teman sampai bikin dia sakit hati banget. Puasa kita enggak batal, tapi pahala di hari pertama, kedua, dan ketiga kita bisa hilang.

Menjelek-jelekan orang

Sama seperti marah, menjelek-jelekan orang atau bergosip juga enggak membatalkan puasa kita. Tapi hal ini dapat membuat pahala yang telah kita kumpulkan hilang. Sayang banget, kan, amal dan ibadah yang sudah kita jalankan kalau mesti hilang hanya karena kita bergosip ?

Minum dan makan

Eits, minum dan makan kali ini dilakukan karena enggak sengaja. Pas bangun dari tidur siang, tanpa sadar kita ke dapur terus minum. Nah, selesai minum, baru deh kita ingat kalau kita sedang puasa. Kalau begini kasusnya, enggak termasuk batal kok. Kita bisa melanjutkan puasa, asal jangan diterusin minum atau makannya, ya.

Menyiram tubuh dengan air untuk mengurangi rasa panas

Berenang saja enggak membuat batal, apalagi cuma mandi. Tapi sekali lagi, airnya jangan ikut diminum, ya, hi hi hi…

Muntah

Kalau muntah dengan sengaja, artinya kita sudah batal puasa. Lain lagi misalnya saking enggak tahan dengan bau bensin, terus kita muntah. Kalau hal tersebut lanjutkan saja puasanya.

Mimisan

Enggak batal, kok. Tapi kalau mimisan keluar karena kita sakit dan terlalu capai, mending dibatalin saja. Puasa, kan, bisa diganti hari lain. Khawatirnya kalau kita maksa puasa, ruginya malah tambah banyak. Kita tambah sakit dan malah jadi enggak bisa puasa di bulan ramadhan.

Sedangkan 3 hal yang pasti dapat membatalkan puasa:

Mencicipi makanan

Termasuk membatalkan puasa karena saat kita merasakan rasa makanan, bukan hanya berhenti di lidah saja. Rasa manis yang dirasakan oleh lidah, akan disampaikan oleh saraf ke otak. Sehingga seluruh tubuh kita merasakannya.

Disuntik

Salah satu hal yang dapat membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu melewati kerongkongan atau ke dalam tubuh. Baik itu berupa minuman, makanan, maupun dengan memasukkan cairan seperti transfusi darah, suntik atau infuse. Lagipula, kalau sampai harus disuntik mah, enggak usah puasa dulu atuh. He he he…

Keluar flek

Kita, kan, sudah tahu tanggal kapan kita biasa menstruasi. Kalau fleknya dekat-dekat tanggal menstruasi, lebih baik batalkan. Tapi kalau fleknya masih jauh dari tanggal kita menstruasi, jangan batalkan. Apalagi kalau kita yakin itu hanya keputihan.

Nah… pokoknya kalau masih ada yang bingung atau ada beberapa pertanyaan langsung aja add Facebook Ust. Rully. Tinggal ketik nama Rully Firmansyah dan Tanya, deh.

Ssstt, bahkan ditulis tuh kalau ustadz yang ini asyik dan gaul berat. Hi hi hi okay… happy fasting !

Sumber bahan dari Majalah KAWANKU no. 53 – 2009

One thought on “Rumus Puasa

Leave a Reply