Rendang Padang dan Cendol Bandung

Cendol BandungKita semua pasti sudah familiar dan bahkan gemar makan rendang masakan khas Padang dan cendol dari Jawa Barat, tetapi bagaimana jika tiba-tiba suatu saat kita akan menemui rendang Malaysia atau cendol Malaysia? Aneh pasti rasanya. Kebanyakan teman-teman yang melihat tayangan berita pada hari Senin kemarin pasti sudah mengetahui bahwa rendang Padang dan cendol diklaim sebagai warisan dari Malaysia.

Kita pasti jadi geleng-geleng kepala sendiri. Tidak hanya seni dan tarian tetapi makanan pun sampai akan diklaim negara tetangga kita. Sebenarnya bisa dibilang Malaysia sendiri sudah termasuk negara yang maju dan perekonomian serta perkembangan kota mereka juga membuat Indonesia kagum, tetapi mengapa mereka masih kekurangan budaya dan kehilangan kepercayaan diri mereka sendiri?

Banyak pakar yang ikut menanggapi tentang berita baru tersebut. Sampai Presiden kita Bapak Susilo Bambang Yudhoyono juga sampai membahas masalah ini dalam pidato beliau. Beliau mengatakan bahwa mengklaim sesuatu sebagai warisan nenek moyang itu tidak masalah, tetapi jika sampai mengklaim kepemilikan budaya, bukankah akan terjadi masalah bagi kedua negara itu sendiri nantinya?

Sudah saatnya juga kita sebagai warga negara bertindak dengan memberikan bukti-bukti bahwa rendang itu sudah lama kita kenal berasal dari Padang, dan cendol sendiri sudah lama kita kenal berasal dari Jawa Barat. Gak lucu dong kalo nanti kita sampai harus mengganti nama jadi rendang KL (Kuala Lumpur), bisa-bisa nanti restoran Padang bakalan menghilang berganti jadi restoran Malaysia ;p

Jangan sampai deh apa yang sudah menjadi warisan budaya dari negara kita ini nantinya perlahan-lahan dibajak oleh negara tetangga kita. Kita yang muda-muda yang mengaku Warga Negara Indonesia harus mulai bertindak melalui karya-karya kita untuk menunjukkan jati diri kita sebagai sebuah bangsa dan negara Indonesia yang asli bukan bajakan. Kita tunjukkan bahwa kitalah empu dari kebudayaan itu.

Rendang PadangPada tanggal 2 Oktober 2009 nanti akan disahkan Batik sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia. Bapak SBY menghimbau agar pada tanggal 2 nanti kita sama-sama serentak memakai baju batik. Sudah saatnya kita maju menunjukkan pada dunia apa saja yang menjadi milik kita, jadi nantinya tidak akan ada celah bagi negara lain untuk mengakui warisan budaya kita yang asli Indonesia.

Leave a Reply