Penguatan Ekonomi Global

Dikutip dalam liputan6 dikabarkan bahwa ada penguatan saham di Amerika Serikat. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 54,49 poin (0,58 persen) menjadi 9.495,76 pada penutupan pasar, memperpanjang dua hari kemenangan. Sementara, indeks komposit saham teknologi Nasdaq mengalami kenaikan 0,92 persen dan indikator pasar lebih luas indeks Standard & Poor’s 500 naik 0,86 persen pada penutupan sementara.

Hal ini bisa jadi kabar optimis mendukung ekonomi global, goyahnya dolar mendorong komoditas yang dijual dalam dolar meningkat, khususnya minyak, yang melambung ke 71 dolar AS per barel di New York. Emas juga mengalami harga tertinggi dalam 18 bulan dengan harga jual di atas 1.000 dolar AS per ons.

Krisis ekonomi di Amerika sudah membuat 1,5 juta penduduknya kehilangan pekerjaan dan ratusan perusahaan pailit. Krisis yang telah membawa Amerika Negara paling maju di dunia mengalami trilyunan kerugian, akhirnya ada setitik harapan terang untuk bisa berkembang lagi. Menginggat dampak yang merata di seluruh dunia, tentu hal ini bisa menjadi kabar baik bagi dunia.

Banyak negara yang mengalami kebangkrutan, ratusan penduduk Amerika yang kehilangan pekerjaan beralih profesi menjadi pelawak atau bahkan menjadi buruh kecil. Kini mereka bisa memiliki setitik harapan bagi kehidupan dan pekerjaan mereka.

Semenjak Agustus jobless yang meningkat di Amerika memicu meningkatnya angka tindak kriminal dan meningkatnya jumlah penderita depresi. Krisis yang memicu perubahan iklim ekonomi global ini berangsur-angsur bisa dipulihkan kembali, setidaknya presiden baru Amerika Barrack Obama diharapkan bisa lebih maksimal lagi dalam mengendalikan krisis ekonomi ini.

Kita sama-sama berdoa saja teman-teman, semoga krisis cepat berlalu, biar harga-harga tidak semakin melambung tinggi. Ada desas-desus kabar tidak pasti juga kalo harga emas di Indonesia bisa meningkat drastis lho. Siap-siap aja deh ngumpulin emas, hehehe… gak ada yang tahu juga gimana masa depan yang penting kita berjaga-jaga aja, gak merasa cepet puas sama apa yang uda kita dapat. Gimana menurut kalian? ^_^

Leave a Reply