Olahraga Tidak Hanya Memperkuat Otot

Tahu gak temen-temen ternyata olah raga seperti pergi ke gym bisa membuat daya ingat kita lebih kuat. Menurut penelitian di Universitas Columbia, diterbitkan dalam karya ilmiah yang berjudul Proceedings of the National Academy of Sciences dijelaskan bahwa aktivitas dengan menggunakan treadmill dapat memperkuat salah satu daerah di otak, yang dikenal sebagai dentate gyrus, yang berfungsi sebagai pengatur memori pada saat kita berusia 30-an.

Dikatakan bahwa mereka yang melakukan olahraga selama satu jam sehari, empat hari seminggu, selama tiga bulan. Memiliki penguatan memori sebesar 20% daripada mereka yang tidak berolahraga. Hal ini terjadi karena olahraga yang rutin memacu pertumbuhan neuron.

Percobaan yang dilakukan dengan menggunakan resonansi magnetik scan pada tikus, ternyata juga ditemukan hasil yang sama terjadi dengan manusia, penulis studi Dr Scott Small, profesor neurologi di Columbia University Medical Center menyatakan bahwa hasil dari pertumbuhan ini adalah peningkatan memori.

Olah raga yang rutin ternyata juga bisa memicu munculnya hormon kebahagiaan juga lho. Buktinya wanita yang rutin melakukan olahraga bisa terlihat lebih bahagia daripada mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali. Hal ini terjadi juga karena wanita yang berolahraga memiliki bentuk tubuh yang lebih bagus, sehingga hal ini dapat memicu rasa percaya diri yang membuat wanita lebih senang.

Ternyata latihan yang dilakukan secara rutin dapat memacu timbulnya daya ingat yang kuat dan rasa percaya diri yang kuat. Jadi buat teman-teman yang takut mengalami kepikunan dan ingin mendapat tubuh yang lebih indah bisa mulai melakukan olahraga satu jam sehari. Paling gak sesibuk apapun kita usahakan dalam seminggu kita berlatih secara rutin, hal ini bisa membantu kita dalam melakukan aktivitas biar tidak mudah lupa juga. Selamat mencoba ^_^.

Leave a Reply