Mudik Yang Tidak Nyaman

Teman-teman bagaimana mudik dan liburan kalian lebaran kemarin? Pasti seru dan menyenangkan, selain merayakan Idul Fitri kita juga pasti menjadikannya sebagai moment untuk berlibur dan beristirahat setelah lama bekerja. Ada yang mungkin liburan pulang ke kampung halaman, dan banyak juga yang memilih untuk berlibur ke tempat-tempat wisata.

Tetapi lebaran tahun ini tidak jauh berbeda dengan lebaran-lebaran tahun kemarin. Masih banyak yang memilih menikmati mudik dengan menggunakan kendaraan umum, seperti kereta api maupun bus. Seperti di beritakan hari ini ternyata banyak warga yang memanfaatkan transportasi umum dikarenakan faktor biaya. Yang membuat kita berpikir lagi adalah minimnya jaminan keselamatan pengguna jasa kereta api maupun bus.

Seperti yang kita lihat di kebanyakan stasiun dan terminal banyak penumpang yang telah membeli karcis tidak mendapatkan tempat duduk bahkan banyak juga yang terpaksa harus berdesak-desakan. Terutama hal seperti ini terlihat dari pengguna kereta api kelas ekonomi. Yang mengkhawatirkan banyak penumpang yang bahkan berdesak-desakan berdiri di luar lokomotif sambil bergelantungan di pintu lokomotif, dan banyak juga yang sampai duduk di atas lokomotif.

Entah hal semacam ini apa bisa kita sebut sebagai tradisi atau keterpaksaan karena hal ini terjadi tidak hanya pada tahun ini saja. Hampir setiap tahun banyak penumpang bus maupun kereta yang terpaksa sampai berdiri dan duduk di atap kendaraan karena tidak mendapat tempat duduk. Hal seperti ini sudah seharusnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Perlu adanya penertiban petugas-petugas di lapangan.

Bukankah para penumpang tersebut mengeluarkan uang untuk bisa mendapat tempat duduk yang layak. Yang kami lihat banyak juga anak-anak dan balita yang ikut menjadi korban karena harus berdesak-desakan di kereta maupun bus. Sudah saatnya Indonesia memperbaiki sistem transportasi umum yang ada, dan lebih mementingkan lagi keselamatan dalam perjalanan.

Para petugas lapangan sebaiknya bertindak lebih tertib dan jujur. Jika memang sudah tidak ada tempat duduk lagi di dalam kereta maupun bus, alangkah baiknya jika para penumpang tidak sembarangan diberi tiket masuk, atau para petugas bisa menindak tegas penumpang yang memaksa masuk ke dalam kereta atau bus yang sudah penuh. Tentunya kita semua tidak ingin terjadi kecelakaan selama perjalanan. Teman-teman yang saat ini mungkin ingin memanfaatkan transportasi umum sebaiknya bisa lebih bijaksana lagi demi kepentingan semuan orang. Have a nice holiday. ^_^

Leave a Reply