Gaji Buruh

Teman menurut data di salah satu link di Internet dituliskan mengenai Upah Minimum bagi buruh. Di daerah Jawa Timur patokan UMR bagi buruh hanya sebesar Rp. 570 ribu per bulan. Untuk daerah Jawa Tengah hanya menetapkan Rp. 575 ribu per bulan dan di Jawa Barat sebesar Rp. 628 ribu per bulan.

Bayangkan teman-teman, kerja sebagai buruh itu kan sangat beresiko, selain mereka terkuras secara tenaga, mereka juga beresiko mengalami cedera atau kecelakaan, dan itu semua hanya demi gaji 570 ribu. Jaman sekarang gaji segitu apa cukup untuk hidup satu bulan? Apalagi buat mereka yang sudah mempunyai keluarga dan anak.

Teman-teman bisa coba search dengan menulis “gaji buruh 2009” di internet, di sana bisa kalian dapat berbagai data mengenai upah minimum daerah. Miris banget waktu bacanya. Betapa Negara kita Indonesia yang katanya jambrud katulistiwa hanya bisa mengenyangkan perut mereka yang punya jabatan dan kekuasaan. Mengapa hal seperti ini bisa terjadi di Indonesia?

Berbeda sekali jika dibandingkan dengan upah buruh di luar negeri. Saat ini di korea misalnya mereka telah menaikkan upah minimum mereka Rp. 30.160 per jamnya, bandingkan dengan di Indonesia yang hanya mendapat Rp. 19.000 per hari (bagi buruh kecil). Itupun belum termasuk jaminan kecelakaan dalam bekerja. Salah satu tenaga kerja kasar di sebuah CV yang kami tanyai mengatakan bahwa per bulannya mereka hanya mendapat upah sebesar Rp. 1.200.000 dengan resiko melakukan pekerjaan las yang membuat efek samping buruk bagi kesehatan mereka, belum lagi bila tertimpa kecelakaan saat bekerja. Sungguh sangat tidak sebanding dengan resiko mereka waktu bekerja.

Kemiskinan di Indonesia sungguh sangat memprihatinkan, tidak semua orang bisa menikmati makanan yang layak, bahkan beras yang diberikan pada rakyat menengah kebawah bisa dibilang tidak layak. Beras yang mereka makan sudah di campur dengan beras-beras pecah dan ketan, sehingga membuat harga beras lebih murah. Belum lagi dengan aneka kebutuhan pokok yang semakin melonjak saja. Kadang sampai ada yang terpaksa makan hanya dengan beras dan garam saja.

Kita hanya bisa berdoa saja, semoga ekonomi di Indonesia bisa segera di perbaiki. Pemerintah bisa lebih mengutamakan rakyat kecil setidaknya agar mereka bisa mendapatkan gaji yang lebih layak lagi. Teman-teman juga bisa ikut menyumbang bagi Negara dengan membuka lowongan kerja sendiri dan menetapkan upah yang layak bagi pegawai kecil dan buruh bantu.

Leave a Reply