Cara Bersosialisasi

Bagaimana menjadi seorang yang menarik saat kita berbicara dengan orang lain? Atau bagaimana memberi kesan pertama yang baik ketika kita berbicara dengan partner atau rekan yang pertama kita temui?  Beberapa tips agar kita bisa memberi kesan yang baik adalah yang pertama orang lain lihat dan nilai dari kita sudah pasti adalah penampilan kita. Berpakaian sesuai dengan acara dan situasi yang tepat adalah point pertama untuk menunjang percakapan berikutnya.

Bayangkan saja bila kita yang mengalami hal tersebut. Saat kita pertama bertemu partner kerja kita dan ternyata ia berpakaian lusuh dan acak-acakan. Kira-kira apa kesan pertama kita? Pasti kita langsung ‘ilfell’, iya dong kita jadi berpikir, “Masa begini calon rekan kerjaku?” Jadi untuk menghindari orang lain berpikir demikian tentang kita, bisa kita awali dengan penampilan yang menarik, sikat gigi untuk menjaga keharuman nafas, memilih pakaian yang tidak norak, sampai merapikan rambut bisa jadi faktor penting dalam penilaian pertama.

Point yang kedua adalah bagaimana cara bersalaman kita. Usahakan tidak terlalu erat maupun terlalu lemas saat bersalaman. Tunjukkan saja salaman menurut rasa percaya diri kalian. Nyatakan dalam hati jika kalian siap menjadi rekanan yang handal. Begitu juga sikap duduk atau sikap tubuh kita saat calon rekanan berbicara. Tunjukkan respek kita dan jangan sering memainkan benda di sekitar kita, seperti bolpoin maupun handphone.

Berikutnya, mengenai cara kita menanggapi setiap pendapat lawan bicara kita. Sikap terbaik adalah jangan terlalu setuju dengan lawan bicara kita, karena kita akan dianggap penjilat bila terus setuju dengan lawan kita. Perbedaan pendapat akan membuat pembicaraan lebih hangat dan menarik, tetapi ingat juga bahwa dalam perdebatan selalu muncul ego untuk selalu benar. Usahakan jangan sampai ego kita ikut berbicara dalam setiap perdebatan, karena hal itu akan membuat ide-ide yang muncul jadi tidak murni.

Tetapi jangan lupa juga kita selalu meperhatikan saat lawan bicara kita mengemukakan pendapatnya. Jangan selalu meng-cut setiap pembicaraan calon partner kita. Dengarkan dulu sampai lawan selesai berbicara. Selain itu pula kondisi tersebut bisa kita gunakan untuk mengkaji ulang gagasan lawan bicara kita dan menjadikan kita memiliki waktu lebih untuk berpendapat secara logis dan jangan sampai menyinggung lawan bicara kita. Sesekali berikan anggukan setuju kalian, tetapi jangan lupa untuk menanyakan lagi hal yang tidak kita pahami dari pembicaraan lawan kita.

Teman-teman bagaimana menurut kalian, mungkin masih ada point-point lain yang perlu dilakukan untuk memberi kesan pertemuan pertama yang baik? Yang perlu diingat hanya bagaimana kita semaksimal mungkin menghargai orang lain, yang terpenting adalah kita bertutur kata secara sopan dan sesuai tata krama, karena di negara kita masih menganut tata adat dan sopan santun.

4 thoughts on “Cara Bersosialisasi

Leave a Reply