Batik Day

Pada 2  Oktober 2009 UNESCO akan mengumumkan “Batik Indonesia” sebagai Warisan Budaya Duni (Intangible Cultural Heritage/ICH).

Batik Indonesia termasuk yang didaftarkan untuk mendapat  status ICH melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh kantor Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia, pada 4 September 2008.

Bila permintaan Indonesia diterima dan kemungkinan besar akan diterima, Batik menjadi warisan ketiga Indonesia yang terdaftar dalam Intangible Heritage of Humanity UNESCO, setelah:

  • Wayang kulit dari Jawa
    Telah dikukuhkan UNESCO sebagai kesenian dunia berasal dari budaya Indonesia pada 7 November 2003.
  • Keris dari Jawa
    Telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai kesenian dunia berasal dari budaya Indonesia tahun 2005.

Situs UNESCO (www.unesco.org) United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization menyebutkan, bahwa Intergovermental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage (ICH) akan bersidang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 28 September – 2 Oktober 2009 untuk menentukan ICH.

Penilaian ICH didefinisikan sbb. yaitu,

  • Sebagai  praktik, representasi, ekspresi, serta pengetahuan dan ketrampilan yang oleh komunitas, kelompok, dan dalam beberapa kasus juga individu mengakui sebagai bagian warisan budaya mereka.
  • Secara tradisional dan yang masih dipraktikkan, terus dikreasikan, dan diturunkan ke generasi berikut, umumnya secara lisan.

Pengakuan UNESCO akan membawa  tanggung jawab kepada pemerintah dan komunitas, seperti yang diisyaratkan Konvensi, yaitu :

  • Agar  sungguh memerhatikan batik
  • Termasuk pewarisan kepada generasi baru
  • Memastikan dipenuhinya hak pembatik
  • Pembuatannya tak merusak lingkungan.

Teman-teman, jelas sekali khan, bahwa bukan hanya pengakuan saja lalu tugas kita selesai, tapi secara global kita juga harus memelihara dan merawat kelestariannya.

Bagaimana sebagai langkah awal,  pada 2 Oktober 2009 kita pakai batik secara serempak, sebagai rasa bangga kita menyambut Hari Batik, biar seluruh dunia tahu batik milik Indonesia, dan kita siap melestarikannya, ocre… Setuju ??

2 thoughts on “Batik Day

Leave a Reply