Sarjana, Jaminankah…??

Beberapa pekan lalu saya membaca topik disebuah majalah yang menurut saya menarik untuk kita bahas, yaitu topik tentang “Sukses Tanpa Gelar”. Kalo kita sering lihat, hampir di setiap lowongan di koran maupun internet menyertakan ijasah sarjana sebagai syarat minimal. Tapi kenyataan yang ada saat ini semakin banyaknya lulusan yang bukan sarjana, dengan adanya sistem management trainee alias MT mereka yang tidak mengantongi gelar sarjana semakin mengalami kesulitan untuk bisa menapaki jenjang karier lebih cepat. Tapi setiap masalah bukan tidak memiliki solusi, ada beberapa tips yang sangat ingin sayashare kan pada teman2 semua, yang mungkin nantinya ada yang bisa ikut men-share kan pengalamannya juga (sangat diharapkan kalian ikut berbagi pengalaman dan cerita ^_^ ).

Jalan cepat yang bisa kalian ambil untuk bisa memiliki peluang sukses seperti sarjana, kita bisa mulai dengan mengikuti kursus2 bahasa dan pelatihan kepribadian. Tapi untuk lebih berhemat kita bisa mempelajarinya dengan membaca buku2 dan artikel2 yang mendukung, serta banyak2 mempraktekannya. Kita juga bisa menyalurkan hobby sambil belajar, buat mereka yang hobby nonton, bisa sambil dibuat untuk belajar kosa kata bahasa baru atau mengambil sisi positif karakter tokoh dalam cerita. Nah, tidak akan serumit yang kita bayangkan, hanya dibutuhkan kemauan dan usaha yang keras aja kok.

Bagi mereka yang ingin melamar kerja di perusahaan besar bisa juga kita lampirkan portofolio pengganti ijasah, yaitu rangkuman tujuan karier kita di perusahaan dan jabatan yang ingin kita lamar, sertakan pula diskripsi singkat tentang prinsip2 kerja kalian dalam menapaki jenjang karier. Tuliskan pula skill  apa saja yang kamu miliki, ceritakan juga pengalaman2 suksesmu. Lampirkan juga surat rekomendasi di tempat kerja terdahulu, bisa juga dari kumpulan tertulis kepuasan klien kamu terdahulu. Sertakan juga surat2 penghargaan yang kamu miliki, medali atau pengalaman memperoleh beasiswa.

Gimana teman2? Gak usah berputus asa, buat kamu2 yang gak punya gelar ataupun yang belum mendapatkan pekerjaan bisa memulainya dengan terus berkarya dan berusaha. Terus meningkatkan skill dan memanfaatkan tiap peluang yang ada. Mungkin secara gak sadar dan terencana bisa jadi malah kita yang membuka lowongan kerja bagi orang lain.

Yang penting jangan pernah menyerah, kita bisa mulai dengan mempelajari biografi tokoh2 terkenal yang bisa berhasil tanpa menyandang gelar. Bukan berarti gelar itu gak penting lho ya, kalian yang masih beruntung bisa melanjutkan kuliah bisa terus belajar sampai lulus dan bisa membuka peluang bagi yang lainnya yang kurang beruntung, Good Luck aja ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan kalian bisa berbagi kisah sukses kalian juga di blog ini 🙂

Leave a Reply