Pro-Kontra Sistem Komunikasi & Teknologi

Heran juga ya, tahun 2009 ini banyak banget peristiwa2 yang tiada henti2nya mengalir, entah itu gossip artis yang tiada henti2nya bermunculan di televisi sampai berita politik yang gak luput dari sensasi. Rasanya berita2 seperti ini tidak akan pernah bosan untuk kita simak dan bahas, dari kalangan bapak2, ibu2 kompleks, anak2 kos (termasuk salah satunya tempat kos saya, bahkan mbak2 yang kerja bantuin di kos aja juga lebih milih ngikuti berita daripada nonton telenovela, hehehe…), sampai anak2 SD juga tau berita apa yang lagi HOT saat ini.

Mungkin karena semakin canggihnya alat komunikasi jaman sekarang, termasuk semakin canggihnya lidah2 jaman sekarang yang seolah gak mau dianggap kuper, alias kurang pergaulan ;P. Heran juga ya, saya sendiri orangnya gak terlalu minat menonton tayangan berita, tapi jadi ketularan latah kepingin up to date berita & gossip2 yang lagi in. Berita terbaru yang lagi dibahas sekarang mengenai Noordin M Top yang konon katanya udah tewas, tapi rasanya masyarakat masih belum terlalu percaya sich klo itu Noordin asli yang tewas, secara si Noordin susah banget ditangkap selama ini, bahkan sampai membuat Bapak Presiden kita SBY kebakaran jenggot (secara jarang banget kita lihat Pak SBY yang cool tiba2 marah2 & “mengumpat” para teroris di depan pers J).

Sebenarnya menurut teman2 perkembangan dunia informasi di tanah air ini memberi dampak positif atau negatif sich? Apa aja kira2 sisi positif dan negatif dari kemajuan dunia informasi di tanah air kita ini?

Kalo menurut saya sisi positif dari pesatnya dunia informasi (baik secara media audio visual sampai media cetak), perkembangan ini membuka peluang usaha bagi setiap masyarakat Indonesia serta membuka banyak lowongan pekerjaan bagi setiap orang. Jadi hal ini dapat mengurangi jumlah pengangguran di tanah air. Sebenarnya masih banyak lagi hal positif dari perkembangan dunia informasi, tapi kadang kita lupa bahwa yang sebenarnya terpenting dari kemajuan teknologi adalah manfaatnya bagi perkembangan tiap2 individu di tiap2 lapisan masyarakat di Tanah air. Sekarang ini banyak sekali wartawan2 atau kuli2 tinta yang bisa menafkahi keluarga mereka, yang dalam arti positif yang lain hal ini dapat mengurangi angka kejahatan di Indonesia.

Sedangkan menurut saya hal negatif yang ditimbulkan adanya perkembangan media adalah semakin berkurangnya tingkat sosialisasi dan empati dengan sesama. Seseorang yang terlalu mengikuti perkembangan teknologi menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar kita, sehinnga terjadinya krisis sosial yang mengkawatirkan. Sebagai contoh yang lagi trend saat ini adalah Facebook, seseorang dapat menghabiskan waktu berjam2 dengan hanya duduk di depan komputer atau memelototi BB (BlackBerry) di tempat umum sambil tersenyum membaca email dari salah satu teman kita di FB. Sehingga akhirnya kita jadi kurang mempedulikan orang2 di sekitar kita. Bisa jadi saat kita memainkan BB di tempat umum, kita tidak sengaja mengabaikan seorang ibu2 yang menggendong anaknya yang tampak kelelahan dan tidak mendapat tempat duduk saat mengantri makan di sebuahfoodcourt di mall.

Kalo menurut kalian sendiri bagaimana guys? Apakah dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini bisa terus membawa perubahan yang positif? Kayaknya hal ini bisa dijadikan bahan diskusi yang menarik buat kita, dan mungkin siapa tahu juga kita generasi muda ini bisa memberikan solusi yang lebih baik untuk perkembangan kita sendiri nantinya J. Banyak hal yang bisa mulai kita pikirkan untuk memperbaiki sistem informasi dan teknologi di sekitar kita. Kenapa tidak kita mulai dari hal2 sepele aja misalnya dengan mulai membuka diskusi untuk mencari solusi pemecahan masalahnya, ya kan? 🙂

Leave a Reply