Helm… oh… Helm

Pemerintah mulai keras banget untuk urusan tertib ber-helm

Yang pasti sekarang pake helm mah kudu lah!  Saking biasanya, kalau naik motor tanpa pakai helm sama saja kayak penyelam lautan tanpa tabung oksigen. Iklan pun gencar banget, mulai dari iklan yang komedi sampai yang menyentuh hati, semuanya diupayakan agar penggunaan helm dipatuhi. Media cetak pun tak ketinggalan ikut mengajak untuk tertib pakai helm.Bahkan pengarahan untuk memilih helm yang tepat, sehingga beli mahal pun juga tak sayang, yang penting aman.

Ada beberapa helm yang beredar di pasaran, mulai dari yang ‘full face’ yaitu helm  yang menutupi seluruh bagian kepala. Juga ada yang ‘half face’ yaitu helm yang enggak ada perlindungan yang maksimal pada bagian wajah dan dagu. Jadi harus tambah kacamata pelindung plus masker.

Selain tipe helm tadi, ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan ketika memilih helm, yaitu:

Ukuran yang pas, kayak sepatu gitu lho…kalao kedodoran nggak enak banget.

Kaca pelindung yang tepat, terkadang pilih warna kacanya  yang hitam, maksud hati biar nggak kepanasan, tapi malah lupa kalau malam hari jadi gelap dan bikin bahaya. Atau karena memilih ‘murmer’ murah meriah… ehhh malah materi kaca kurang bagus hingga bikin pusing.

Satu hal lagi yang suka diabaikan pemakai helm yaitu ‘tali pengikat dagu yang kuat’.

Banyak tuh yang pada nggak pakai tali pengikat dagu saat memakai helm. bukankah malah tali ini yang akan menahan supaya helm nggak copot ketika terjatuh…tul nggak ???

Dan kalau kita masih bingung pilih helm yang bener-bener mutu bagus….cari aja helm yang sudah memenuhi standar SNI (Standar Nasional Indonesia)… dengan standar ini helm berarti sudah diuji ketahanan benturan, penetrasi, kekuatan, kelenturan, kekakuan helm dan kekuatan sabuk dagu helm.   beres khan 🙂

Usul gue nih yeee…..

Mendingan pilih pake helm yang full face. Soalnya ketika mengendarai motor, muka kita terlindungi dari debu, asap, serangga (siapa tahu ada tawon, lalat, cicak nempel di jidat 🙂 ) dan lain sebagainya.

Terutama debu,  sih. Males banget kalau jerawatan gara-gara naik motor !

Ibu-ibu yang pake sanggul aja sekarang dibela-belain carter angkot, biar sanggulnya nggak rusak karena helm dan yang pasti juga mau selamat sampai di tempat.lha yaow….

Leave a Reply