Empat Karakter Manusia

Siapa yang tidak tahu serial “sex and the city” maupun film layar lebarnya? Ada hal menarik yang ternyata bisa kita pelajari dari film yang bukunya juga menuai best seller tersebut. Jika teman2 perhatikan dalam serial tersebut terdapat empat karakter yang berbeda-beda, diantaranya Charlotte, Samantha, Miranda, dan Carrie. Pada buku “The Mind Gym” dibahas empat karakter manusia berdasarkan keempat tokoh tersebut.

Dalam kehidupan manusia di seluruh dunia ini terdapat banyak sekali tafsiran mengenai karakter manusia, satu individu selalu menilai berbeda individu yang lainnya, tergantung dari kedekatan dan kesan pertama yang orang tangkap saat berinteraksi satu dan yang lainnya. Contohnya saat saya merasa kesal dengan seorang teman yang bagi saya dia sangat cuek dan tidak peduli dengan orang lain dan  menurut saya dia tidak peduli dengan kebersihannya sendiri yang akibatnya membuat saya merasa tidak senang berdekatan dengan dia. Tetapi ternyata di pihak teman saya ternyata ia berpikir bahwa saya ini orang yang tidak peduli padanya, saya terkesan menjauhinya, dia menganggap bahwa saya orang yang tidak bisa diajak berbagi.

Hal seperti ini kadang membuat kita sendiri binggung, apakah seseorang merupakan karakter yang baik atau karakter yang harus kita jauhi? Nah, biar kita tidak binggung akan saya bahas satu persatu 4 karakter manusia yang ada. Yang pertama karakter Charlotte yang dikenal sebagai karakter yang penyayang dan ramah, ia lebih senang jika orang lain juga merasa senang, hasrat terbesarnya adalah keselarasan atau harmoni dengan kelompok apapun yang ia masuki. Mereka punya bakat alam untuk mudah bergaul, ramah, dan secara tulus berusaha mengenal dan memahami orang lain. Mereka mempunyai hasrat kuat untuk “mengasuh” orang lain, menemani mereka dalam situasi2 sulit, dan dengan senang hati mengajari orang lain agar berkembang, sebagai imbalannya mereka juga ingin disukai dan dihargai.

Samantha sang penggerak, sebagai petualang dan orang yang mudah bosan, ia senang mendesak dan mendobrak, jika seorang Charlotte ingin disayangi, maka yang diinginkan oleh Samantha adalah dihormati, seorang penggerak ingin mencapai suatu sasaran dengan cepat, dan kalo bisa jadi yang pertama. Mereka suka jika memiliki sasaran yang sulit tapi hasilnya jelas, mereka suka persaingan, umumnya mereka suka mengambil keputusan, mereka tidak suka menunda. Kekurangannya mereka suka memulai sesuatu tapi belum tentu menyelesaikannya, hal yang mereka benci rasa bosan, banyak bicara sedikit bekerja dan mereka tidak suka ada yang menghalangi jalan mereka.

Miranda sang professional, tipe ini lebih suka menyelesaikan pekerjaan yang sedang ditekuni dengan baik. Mereka senang mengerjakan segala sesuatu dengan sempurna, sekali berikrar mereka akan berusaha mewujudkannya. Mereka mandiri, orisinil, tekun, teliti, dan akurat. Hal buruk dari mereka adalah mereka suka menyendiri, dan mencari kesalahan orang lain, dingin serta tidak praktis. Mereka tipe yang sulit dipahami, hal yang dibenci ketika mereka harus menyerahkan sesuatu ketika belum beres secara tergesa2. Terakhir adalah Carrie seorang adapter, ia adalah perpaduan ketiga tipe lainnya, mereka biasanya berperan sebagai pendamai dalam perselisihan, mereka luwes, mudah beradaptasi, diandalkan pihak lain. Tapi yang terburuk mereka terlalu lunak, cenderung berpolitik, dan terlalu mengalah. Mereka benci orang yang keras kepala dan menghalangi mereka.

Teman2 bisa mulai menilai karakter manakah kita ini? Keempat karakter diatas bisa kita jadikan bahan untuk lebih mengenal karakter orang lain. Hal ini saya bagikan agar kita bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan kita masing2, sehingga kita juga bisa memperbaiki hal yang buruk dan memfokuskan pada kelebihan kita. Pada akhirnya kita tidak hanya bisa menghakimi seseorang secara sepihak saja, tapi kita juga bisa melihat sisi positif seseorang. Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna teman, semua memiliki kekurangan dan kelebihannya, hanya bagaimana kita membuatnya selaras dan mulailah menilai seseorang dari sisi lain, sehingga tercipta keselarasan hidup antar manusia. Selamat mencoba^_^.

Leave a Reply